Senin, 02 Desember 2013

Biaya Investasi Senapan PCP Lokal

Oleh: Bungben

Pengetahuan dasar tentang senapan angin diperlukan sebelum kita berinvestasi untuk memiliki sebuah senapan angin jenis PCP.  Mengeluarkan biaya pembelian tanpa pertimbangan rasional akan mengakibatkan lebih besarnya biaya dibandingkan harapan kita terhadap hasil dari kegiatan berburu.

Hal ini sering terjadi pada pendatang baru dalam bidang airrifle hunting. Walaupun sudah mengeluarkan biaya yang tidak kecil, namun senapan yang kita miliki tak dapat diandalkan untuk menghasilkan target buruan yang memuaskan.

senapan PCP airarm buatan Chonta, Galumpit Jawa Barat
Buatannya halus dan berkualitas

Saya pernah mengalami situasi tersebut  pada saat mulai menyenangi kegiatan ini. Karena pengetahuan yang minim tentang senapan, biaya yang harus saya keluarkan menjadi tidak efesien. Bayangkan selama tak lebih dari satu tahun sudah 4 senapan yang saya beli. Rata-rata senapan tersebut baru dibawa turun berburu 2 kali. Setelah itu senapan yang telah dibeli mahal-mahal itu dianggurkan begitu saja.

Kalau dihitung-hitung uang yang dikeluarkan untuk membeli keempat senapan tersebut sudah lebih dari 6 juta rupiah. Tidak termasuk berbagai aksesoris kecil yang dibeli secara perlahan-lahan, seperti teleskop, tas senapan, mimis, senter, rompi, dsb.

Gonta-ganti senapan dan belanja aksesoris secara emosional akhirnya dapat saya kendalikan setelah memupuk pengetahuan tentang senapan selama beberapa bulan.

Setelah berpengatahuan cukup tentang dasar-dasar senapan PCP  barulah saya memutuskan untuk membeli senapan. Dan alhamdulillah, walaupun tidak sehebat para penembak senior, namun saya cukup puas dengan senapan terkhir saya. Senapan terakhir saya adalah Senapan PCP jenis Airarm besutan “Chonta”  yang saya beli pertengahan tahun 2013 dari Bang Baim, pemilik toko senapan angin “Stabil” di Jalan Nurali Pontianak.


Melalui tulisan ini saya berharap pengalaman buruk itu tidak melanda para pendatang baru dalam bidang air rifle hunting. Lalu apa yang mesti dipertimbangkan untuk memilih senapan PCP?

Oya sebelum saya ulas dengan pengetahuan cetek saya tentang senapan, perlu saya sampaikan bahwa tips ini hanya diperuntukan bagi mereka yang berniat untuk membeli senapan PCP, wabil khusus senapan PCP lokal. Kalau senapan PCP import saya tak punya pengetahuan.

Lanjut...

Menurut saya, sebelum kita memutuskan untuk berinvestasi pada sepucuk senapan PCP, akan lebih bijak jika kita membatasi budget terlebih dahulu. Tanpa batasan budget, kita akan terjebak pada  pengeluaran yang emosional.

Untuk memiliki sebuah senapan PCP lokal dengan kualitas yang moderat, kita harus menyediakan dana investasi antara 3 – 7 juta rupiah. Moderat itu berarti senapan PCP tersebut telah dapat dipergunakan untuk melumpuhkan target buruan dan telah memenuhi persyaratan utama tentang keamanan pengguna.

Dengan budget sekitar Rp 3 juta, kita sudah dapat menenteng senapan PCP jenis Mouser atau Ruger popor klasik, dengan tabung dural  OD 32mm dan laras OD 12 mm dan panjang laras antara 50 -65 cm.

Jika dibeli secara langsung kepada pengrajin (gun smith), dengan budget 3 juta rupiah kita sudah dapat membeli berbagai aksesoris seperti tas senapan (harga berkisar Rp 100 – 250rb), tali sandang  (Rp 50 – 100), peredam (antara Rp 50 – 250rb), mounting berkualitas, merk marcool misalnya (antara Rp 100 – 150), serta satu kaleng mimis branded, bukan mimis kiloan (antara Rp 90 – 200rb). Sedangkan untuk teleskop sepertinya kita harus menambah sedikit budget.

Apabila budget kita cekak, kita bisa membeli teleskop buatan China yang bisa dibeli via online atau di toko-toko olahraga. Harganya berkisar antara RP 250 – 900rb. Kalau beli yang berkualitas kita harus menyediakan budget di atas itu. Bushnell satelite yang sakti mandraguna misalnya, dijual bervariasi antara Rp 2,7 – 3,5 juta. 

Variasi tersebut terjadi karena negara pembuatanya, ada bushnell keluaran pabrik korea, Philipina, dan terkahir saya dengan China juga sudah membuatnya. Tak jelas apakah itu teleskop asli atau KW. Tapi menurut informasi dari rekan-rekan penembak senior di Kota Pontianak, teleskop dengan range harga segitu biasanya buatan china. Silahkan lihat harga telescop melalui situs pyramidair.com di : http://www.pyramydair.com/a/Accessories/Scopes/92

Pertanyaannya, mengapa budget yang saya sampaikan menggunakan range harga. Inilah kelebihan dari para pengrajin senapan PCP lokal. Masing-masing pengrajin dapat membeli atau membuat sparepart dengan beragam kualitas. Beda kualitas beda pula harganya. Beberapa pengrajin bahkan telah memadukan sparepart lokal dengan sparepart import. Untuk laras misalnya, ada beberapa pengrajin yang menawarkan laras super buatan pabrik Lotharwealther yang sebatangnya bisa seharga satu buah senapan PCP (antara 2 – 4 juta  tergantung jenis ulir, diameter laras, serta panjangnya).

Berikut contoh biaya pesanan senapan saya kepada Bang Baim pemilik air rifle shop yang memilik chanel kuat dengan para pengrajin senapan di Jawa Barat, Jakarta dan Surabaya.
Spesifikasi Senapan pesanan:

PCP Air Arms dengan chamber bermagazine berikut dengan magazin isi 9 peluru sebanyak dua buah dan tatakan untuk single shoot, panjang laras 55 cm outer Diameter (OD) 14 mm bahan baja ulir 12, popor jenis model thumbhole. Gunsmith: Chonta.


Matriks diatas adalah sebuah perhitungan untuk senapan PCP lokal dengan kualitas standar.
Jika kita menganalisis contoh pengeluaran investasi saya tersebut, ada beberapa kesimpulan yang bisa kita ambil. Pertama, harga senapan yang dipajang di toko maupun di berbagai website toko online adalah harga riil senapan, belum termasuk modifikasi dan aneka aksesoris. Untuk memiliki sebuah senapan siap pakai, kita harus menambah budget lagi sekitar 30% dari harga sepucuk senapan. Kan tak mungkin kita pake langsung senapan PCP tersebut tanpa teleskop/ visir, tanpa peredam lalu menentengnya kesana kemari tanpa pembungkus. Emangnya lagi perang?! hehee.
Jika Anda berencana untuk membeli senapan pcp, Safety adalah harga mati! Baca artikel ini. atau kontak langsung dengan: 

MBAH IPIN: 0812 571 34 188


Catatan:

  1. Tentang berbagai faktor yang harus dipertimbangkan pada sebuah senapan akan saya ulas pada postingan tentang  Syarat Ideal Senapan PCP.
  2. Jika memerlukan sticker untuk aksesoris perlengakapan berburu seperti sticker camo moasy oak bisa di beli di sini 
  3. Jika Anda memerlukan informasi tentang teleskop yang murah tapi cukup ideal untuk senapan PCP klik di sini 
  4. Jika ingin mempertimbangkan cara memilih mounting silahkan klik di sini
  5. Jika ingin menyetel power senapan silahkan klik disini
  6. Tentang cara merawat senapan PCP bisa klik di sini


Bagi rekan-rekan yang ingin membaca postingan tentang berburu tupai silahkan klik link di bawah ini

Kumpulan Artikel Berburu Tupai

Senapan Second sudah teruji mau dilego nih...silahkan kunjungi klik di sini

Senapan Baru Siap Hunting, hanya satu pucuk, Buruan!

2 komentar:

  1. saya mau senapan pcp dengan spec\\ model air arms, popor pipi, powerkuat, target akurat presisi ala snaiper, titanium, magasin otomatis 10 ruang peluru, bereapa bajet yang harus ditabung ya gan? dan belanja ketroto mana? saya di purwakarta.;......

    BalasHapus
  2. Wow...PCP jenis chonta ya om yang anda miliki sekarang....
    Chonta memang muataaab om....

    BalasHapus