Senin, 02 Desember 2013

Teknik Berburu Tupai II 
Lokasi dan Spot Berburu


Apa yang saya sampaikan pada tulisan sebelumnya biasanya tidak  berlaku pada kawanan tupai yang sedang jatuh cinta. Kawanan tupai yang sedang jatuh cinta biasanya kurang sensitif dengan lingkungan sekitarnya. Cinta membuat ia buta!

Dalam konteks percintaan, tupai memiliki kharakter yang unik. Mereka dapat melakukan ritual percintaan dalam jumlah berpasangan, berdua, atau berkelompok dalam jumlah lebih dari 2 pasang, bahkan saya pernah menemukan terdapat 6 ekor tupai dalam satu pohon yang sedang berlari-larian memadu cinta, tapi tak tahukah apakah mereka berpasangan atau lebih banyak tupai jantannya. Bahkan beberapa penembak senior di Kota Pontianak pernah bertemu kawanan tupai yang sedang memadu cinta dalam jumlah belasan ekor dalam satu rumpuh pohon.


Sebuah spot yang terdapat kawanan tupai yang sedang memadu cinta ini adalah spot yang sangat dicari para pemburu. Karena kawanan tupai tersebut biasanya tidak sensitif dengan lingkungannya. Ia akan tetap asik berkejar-kejaran diantara sela-sela pepohonan walaupun beberapa anggotanya sudah hilang tertembus mimis pemburu.

Agar kita dapat sukses berburu tupai terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, kita harus mengetahui LOKASI dan SPOT yang menjadi habitat favorit para tupai. Hal ini bisa diketahui dengan melakukan riset, survei dan mengumpulkan informasi dari para pemburu. Beberapa pemburu yang egois biasanya enggan memberi tahu lokasi ia berburu.Tapi di Kota Pontianak pemburu yang seperti ini sangat langka.  Sehingga jika kita bertanya pada pemburu di pontianak, biasanya mereka tak pelit untuk berbagi informasi, bahkan biasanya mereka akan mengajak kita untuk turun bareng.  

Lokasi yang memungkinkan bagi kehidupan kawanan tupai adalah lokasi perkebunan.  Dan lokasi perkebunan yang paling disenangi kawanan tupai adalah lokasi perkebunan kelapa dengan kharakter tanaman kelapa yang tinggi, rapat dan memiliki buah kelapa yang besar-besar. Kharakter perkebunan tersebut akan menjadi tempat yang semakin menyenangkan bagi kehidupan kawanan tupai  jika dikelilingi oleh tanaman perdu (semak) yang lebat, serta terdapat pohon-pohon buah-buahan seperti buah mangga, durian, rambutan dan langsat.

Bagi para pemburu di Kota Pontianak, lokasi yang berkharakter seperti itu ada di Kecamatan Kakap, Kabupaten Kubu Raya, seperti di daerah desa punggur, Jeruju Besar, Jeruju Kecil, Sungai Kupah. Sedangkan di Kabupaten Pontianak, ada di daerah Segedong, Wajok, dan Desa Bakau.

Namun walaupun kita telah mendapatkan informasi lokasi yang memiliki kharakter seperti itu, belum tentu kawanan tupai dapat ditemukan dalam jumlah banyak. Kharakter tupai yang selalu mencari tempat makan secara berpindah-pindah adalah salah satu penyebabnya. Beberapa kasus ketika terdapat lokasi berkharakter seperti yang saya sampaikan di atas, kawanan tupai masih tetap sulit ditemukan.

Banyak faktor yang mempengaruhi, seperti aktivitas para petani kelapa yang sedang membersihkan kebun kelapa, memanen kelapa, mengumpulkan gula aren, serta membuka areal perkebunan untuk dijadikan areal persawahan. Dalam beberapa kasus kawanan tupai akan sulit ditemukan karena telah diracun oleh para petani. Aktivitas meracun kawanan tupai itu biasanya dilakukan menjelang musim buah, tepatnya  ketika pohon buah-buahan sedang berbunga.

Apabila kita telah mengetahui lokasi yang menjadi habitat kawanan tupai, belum ada jaminan kita akan bertemu dengan kawanan tupai dalam jumlah yang banyak. Kita harus memahami tempat  atau spot bermain favorit para tupai. Para tupai itu menyenangi pohon kelapa dengan pelepah yang rapat dan saling bersentuhan. Mungkin kondisi ini akan memudahkan mereka berlompatan dari pohon satu ke pohon yang lain.

Mereka juga menyenangi lokasi yang tak jauh dari semak belukar. Konon di semak itulah para tupai melatih anak-anaknya untuk memanjat dan mencari makan. Kawanan tupai juga menyenangi pohon yang sedang berbuah dan memiliki buah yang sudah matang (berbau). Dan akan semakin besar kemungkinan untuk mendapatkan kawanan tupai jika kita menemukan spot dengan kombinasi berbagai kharakter tersebut.

Lokasi Yang ideal menurut informan kita dari kalangan tupai adalah:  terdapat pohon kelapa dengan kerapatan yang tinggi, dibawahnya atau di tepian kebun kelapa tersebut terdapat tanaman perdu yang lebat serta terdapat pohon buah-buahan kecil bercampur dengan pohon-pohon besar lainnya seperti pohon rambutan atau pohon mangga.  Dan ada satu pohon yang sangat tidak disukai para tupai, yaitu pohon natal! Hahaa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar