Minggu, 19 April 2015

Banyak Faktor Untuk Akurasi Senapan


Sebelumnya banyak tulisan dalam blog ini yang telah membahas masalah akurasi senapan. Tulisan-tulisan itu hasil pemecahan masalah case by case. Nah kali ini saya akan mencoba lebih mesistematikan aneka faktor yang mempengaruhi akurasi senapan.

Secara umum terdapat dua bagian yang mempengaruhi akurasi senapan. Bagian intrinsik senapan dan bagian eksternal. 

Bagian intrinsik senapan terdiri dari beberapa faktor:

1. Faktor laras. Laras yang baik memiliki alir yang rapi dan tak ada cacat. Jika asa cacat sedikit saja pada alir laras jangan harap senapan kita dapat akurat. Perhatikan pula kondisi laras pasa bagian pangkal laras yang bersambung dengan chamber. Pastikan pangkal laras dan lubang masuknya peluru benar-benar pas dan tak ada selisih. Selisih tersebut dapat menyebabkan cacatnya mimis yang masuk ke dalam lubang laras saat didorong. Beberapa laras dilengkapi dengan choke pada bagian ujung laras. Konon choke atau area yang menyimpit ini dapat meningkatkan akurasi senapan. Sehingga produsen laras kondang LW juga memproduksi laras yang dilengkapi dengan choke pada ujung larasnya.

2. Tempat masuk mimis dan magazin. Kita mungkin jarang memperhatikan ruang tempat masuk mimis ini. Ternyata bagian ini sangat penting. Suatu saat groping senapan saya ngacak gak karuan. Saya curiga laras saya rusak. Untunglah ada mbah Ipin. Berkat ketelitiannya ia menemukan bahwa magazine saya tidak normal. Antara lubang magazine dan lubang laras ada selisih yang membuat mimis rusak. Akhirnya ia membuat lubang magazine menjadi lebih besar sehingga dapat memperlancar masuknya peluru dari magazine ke lubang laras. Bagi senapan yang tak menggunakan magazine mimis dapat juga rusak jika terdapat selisih antara laras dengan ruang untuk memasukan peluru.

3. Triger. Triger adalah bagian senapan yang berfungsi melepaskan angin sehingga peluru dapat terlontar keluar. Triger yang baik adalah triger yang tak keras saat ditekan. Jika triger keras, senapan kita akan bergeser tanpa kita sadari. Pergeseran beberapa mili saja akan mengakibatkan mimis kita melenceng dari titik sasaran.

4. Recoil. Recoil atau hentakan pada senapan saat melepaskan tembakan sangat berpengaruh pada akurasi senapan hentakan tersebut berasal dari per hammer yang memukul katup tekanan angin. Jika kita tak sadar seakan-akan hentakan dan keluarnya peluru berbarengan. Padahal tentu saja tak mungkin berbarengan. Per hammer akan memukul katup tekanan angin terlebih dahulu barulah peluru terlontar. Nah recoil yang besar dapat mengakibatkan pergeseran pada saat kita membidik target. Banyak cara untuk memperkecil recoil salah satunya adalah menggunakan per yang berkualitas. Bagi senapan yang dilengkapi oleh cancel cooke, recoil juga dapat disebabkan oleh gesekan antar gagang cancel cooke dengan chamber. Gesekan ini dapat membuat bodi senapan bergoyang sehingga membuat peluru yang melesat selisih.

5. Tekanan Angin. Tekanan angin ada dua, tekanan angin di tabung dan tekanan angin pelepasan. Tekanan angin pelepasan pada senapan biasanya diatur lewat per hammer. Dari per hammer inilah kita dapat mengatur power senapan. Setelan per yang kencang membuat tekanan menjadi lebih besar dan peluru menjadi lebih jauh terlontar. Dan itu berlaku sebaliknya. Jika target bidik tak terlalu jauh maka power senapan dapat kita kecilkan. Seekor tupai pada jarak 25 meter dapat tumbang dengan damai dengan keluaran gas sebesar 20an psi sekali tembak. Tapi apabila kita menggunakan tekanan sebesar itu untuk menembak belibis di jarak 50-60 merlter jangan harap mimis senapan dapat menyentuh badan belibis. Bisa jadi sebelum sampai peluru susah jatuh dan kalaupun sampai dititik sasaran mimis senapan kita tak bakalan mampu merobek bulunya.

6. Stabilitas keluaran angin.salah satu kelemahan senapan pcp lokal adalah pada stabilitas keluaran anginnya. Apabila kita mengisi gas pada tabung senapan sebesar 2500 psi, lalu kita menyetel per hammer hingga dapat melepaskan angin sebesar 50psi sekali tembak dan dapat mengenai sasaran sebanyak 20 kali tembakan, maka biasanya pada tembakan selanjutnya peluru kita akan turun, atau bahakn ngacak pada saat tembakan selanjutnya. Hal ini terjadi karena sisa tekanan gas yang ada ditabung semakin lemah. Biasanya senapan akan semakin tak akurat seiring dengan menurunnya volume gas pada tabung senapan. Para bediler dapat memecahkan masalah ini dengan mengencangkan per hammer untuk menambah pukulan pada katub angin. Namun pada banyak senapan pcp cara ini tak dapat banyak membantu.

7. popor senapan. popor sangat berpengaruh pada akurasi senapan. pastikan popor senapan kita melekat dengan kuat pada chamber dan tabung senapan. popor tak boleh bergerak. dan harus mampu betul-betul rapat saat tabung atau bagian senapan diletakkan pada popor.


27 komentar:

  1. Untuk laras sudah pasti faktor yg mendukung
    Tapi masalah akurasi dn lain lain seperti yg dijelaskan bung ben pasti ada jalan keluarnya tidak ada yg tidak mungkin jika kita terus belajar dn berusaha mencoba

    BalasHapus
  2. Iya mmng bnar pnjlsn di ats untuk snpn hamer,, akn tetapi bgaimna dngan snpn merk sharp garuda, tdk ada hamer recoil sdkit, akn tetapi tdk pernh gruping di jrak 40 mter sya punya msh baru beli 2 hri yg lalu mhn pnjlsnnya,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat siang salam satu hobi,mungkin sy bs beri masukan sedikit,senapa dlm keadaan baru,harus melakukan break in pada laras nya..mungkin sekitar 200 hingga 500 mimis...baru kita bs liat kemampuan laras yang sesungguhnya.dgn catatan laras harus di bersihkan dahulu..

      Hapus
  3. Om minta solusinya...
    Senapan ace terkadang grooping terkadang tidak dan terkadang grooping lagi letak masalahnya di apa ya,laras jg sudah di ganti baru

    BalasHapus
  4. Apakah teleskopnya ya soalnya melesetnya hampir 3 cm dari tembakn sebelumnya yang grooping

    BalasHapus
  5. Permisi om apakah Mimis/Proyektil terus Telescope atau Visir bukan termasuk salah satu faktor keakuratan Sebuah senapan angin...?

    BalasHapus
  6. UNtuk yg masalah no6 apa kh ada solusi nya??

    BalasHapus
  7. Agan,mau tanya,,kalau ujung laras,di alur nya ada cacat sedikit,bgmn cara perbaikinya..di lubang laras..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Crowning mas. Lihat di YouTube cara crowning laras

      Hapus
  8. sama seperti pcp mouser saya.akurasi amburadul.saya kira karena angin yg keluar tidak stabil

    BalasHapus
    Balasan
    1. Model mouser memang tidak stabil karena tidak ada pengatur kestabilan keluaran angin.
      Solusinya bisa di pasang regulator tanam dibdalam tabung

      Hapus
  9. Jgn tergiur dgn iklan...apalagi kt belinya online...ya itu hasilnya.....

    BalasHapus
  10. Masukkan komentar Anda...om mohon pengalamanya saya pnya gejluk mimianya suka ngacak udah brapa jenia mimis yg sy pkai trmsuk yg import.smpai ganti tele masih aj ngacak.skg sy gnti laras hasilnya sma aja masih ngack. sy udh hmpir putus asa. mohon tips ny ya om.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmmm....sebaiknya sebelum menembak, sebaiknya sarapan dulu. Wkwkwkwkkkk

      Hapus
  11. Boleh tanya, saya punya dua senapan gejluk pcp setelah keduanya saya pasang peredam yang satu suaranya jadi senyap tapi yang satu suaranya terdengar keras di bagian chamber peluru. Mohon bantuannya, terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
  12. Urgent, sy baru beli bocap, setelah di zeroing di 20M grouping bagus tp ketika di 5M jd ngacak. Di setting di 5M grouping bagus tp jd ngacak lagi di 15 dan 20M. Jd bingung, apa larasnya error ? Mumpung masih baru jd bisa complaint, takutnya kalo lama garansinya ilang. Urgent please....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang begitu om....jarak menentukan titik perkenaan peluru

      Hapus
  13. om mohon bantuannya dong, knpa ya saya pas loadingbpeluru masuknya keras banget, itu penyebabnya apa ya om, terus solusinya gimana, mohon di bantu jawab om,,🙏🙏

    BalasHapus
  14. Om, mohon infonya. Laras lokal punya Choke apa ngak

    BalasHapus
  15. Bos senapan ku baru sja di beli pasopati uklik pada akurasinya ngacak, kadang pelurunya ke atas, ke bawah, ke, samaping dan lainnya. Giliran udah di seting nitik tembakan berikutnya ngacak lagi bos.
    Solusinya bos tolong

    BalasHapus
  16. Moserku bos ngacak tobat akubos solusinya bos

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama seperti pengalaman sy dulu wkt pertama kali beli mouser..akurasi ngacak,tpi seiring berjalanya wkt,setelah sy tahu karakter senapan sy akhirnya bisa saya atasi,alhamdulilah sekarang sdh lebih dr ribuan ekor burung yg sy tumbangkan...coba bos cek di bagian2 ini barangkali sama ky punya saya
      Cek :-cincin laras sm cincin yg ditabung apakah sama tingginya,klo ngga intip dilobang laras keliatan melengkung apa engga,klo melengkung pasti ngacak,klo punya sy malah cincin laras yg ditabung sy potong bagian atasnya yg dilaras sisa ditabung yg buat kepopor aja...ujung laras dicloning biar ngga kasar ujungnya...semoga membantu

      Hapus
  17. senapan barata clasic superlong saya juga gitu, kalo jarang deket itu gruping tapi kalo jarak jauh ngacak. udah saya crowing ganti mimis kadang nitik kadang meleset ampe 20cm itu kenapa ya. apa larasnya kotor apa rusak alurnya. mohon pencerahan saya udah mumet cari solusi.

    BalasHapus
  18. mohon solusi seperti agan2 di atas saya juga punya kendala di mouser pluru ngajak, dri 6 tembakan pling bagus hnya 3 yg bisa grouping itu dijarak sekitar 30 meter untuk keluaran angin sekitar 30 an psi skali tembak, sy cb non peredam hasil juga sprti itu, mhon solusi agan2

    BalasHapus