Sabtu, 24 Mei 2014

Akurasi senapan pcp

Ada berapa pengertian seputar akurasi senapan pcp lokal. Hal ini perlu kita bahas karena ada beberapa pengunjung blog yang bertanya tentang persoalan tersebut kepada saya via sms.

Daya jangkau VS akurasi

Daya jangkau senapan pcp tidak identik dengan akurasi. Sebuah senapan pcp yang disetting dengan setelan per hammer yang keras akan membuat daya jangkau peluru semakin jauh. Akan tetapi daya jangkau tersebut tidak identik dengan keakuratan jatuhnya peluru pada titik sasaran yang dikehendaki. Lalu berapa daya jangkau senapan pcp lokal? Menurut prediksi saya dengan setelan keluaran hingga 50psi sekali tembakan, mimis dapat menjangkau hingga jarak 80 meter. Berarti dengan keluaran sekitar 70-100 psi sekali tembakan, tidak mustahil mimis dapat sampai hingga jarak 100-150 meter.
Tapi apakah pada jarak yang demikian jauh itu mimis peluru dapat konsisten pada titik yang sama? Sepertinya mustahil. Kalau pertanyaannya apakah pada jarak 100-150 meter senapab masih mematikan, atau masih bisa menembus target buruan, jawabannya bisa iya bisa juga tidak. Karena memang belum pernah dicoba.

Yang pernah diujicoba oleh rekan rekan reddot bikers hunter adalah pada jarak 40 meter. Pada jarak segitu sebuat papan mal setebal 3 cm masih mampu ditembus oleh peluru baracuda hunter.

Sayannya saya tidak terlalu yakin senapan pcp lokal dapat menjatuhkan mimis secara konsisten pada satu tutik, karena target sebesar uang coin 500 rupiah sudah hampir tak terlihat walau dengan teleskop 40mm dan pembesaran 4x. Namun pada jarak 40 meter, sebuah target sebesar gelas air mineral dapat ditembak secara tepat dan konsisten oleh senapan pcp lokal.

Jadi saya akan merasa sangat aneh jika ada sebuah senapan pcp apalagi senapan lokal yang mengklaim mampu nitik secara konsisten pada jarak 40 meter. 

Hal itu menandakan bahwa senapan pcp lokal masih sangat efektif untuk dibawa hunting pada jarak 40-50 meter dengan tekanan per medium dan untuk sasaran minimal sebesar gelas air mineral.

Dan senapan pcp lokal kemungkinan besar masih busa mematikan pula pada jarak 100meter dengan settingan per yang lebih keras atau keluaran tekanan gas yang lebih besar. Tentang apakah pada jarak tersebut jatuhnya peluru masih akurat pada satu titik masih perlu diteliti lebih lanjut.

Senapan PCP Lokal pas buat small Hunting

Jarak target untuk hunting hewan-hewan kecil seperti hama tupai, punai, musang atau belibis, biasanya paling jauh 50 meter. Sehingga senapan pcp lokal masih sangat bisa diandalkan. Jadi untuk keperluan small hunting saran saya tak perlulah kita membeli senapan impor yang harganya selangit.  Beli saja senapan pcp lokal buatan pengrajin yang kredible. Karena telah terbukti kehandalannya.

Kalaupun untuk hunting dengan jarak target seratusan meter, rasanya hewan-hewan kecil itu tak mampu kita amati pergerakannya. Mau nembak apa, lha wong pergerakannya saja tak kelihatan?
Jadi menurut saya tak ada gunanya mencari senapan pcp lokal yang bisa akurat dan mematikan pada jarak diatas 100 meter. Hal ini perlu saya tekankan karena banyak hunter yang membanggain senapan impor nya yang mampu menembak target dengan tepat pada jarak 100 meter, sembari mengejek kehandalan senapan pcp lokal.

Kalaupun ada hewan buruan yang teramati pada jarak 100 meter, tentu hewan tersebut bukan hewan-hewan kecil seukuran air mineral gelas, tapi hewan berukuran besar seperti babi hutan. Kalau hewan buruan yang besar tentu yang lebih tepat itu berburu menggunakan senjata api bukan senapan angin.

Hidup senapan PCP Lokal! Maju terus pengrajin senapan tanah air!

51 komentar:

  1. THANKS buat mesukan dan semangat PCP lokalnya mas... tp saya punya sasaran yang kayaknya lumayan jauh mas... contoh seperti burung bangau hitam.. perkiraan saya tu jaraknya hampir 100 meter lebih.. apakah bisa pakek PCP lokal,, saya tunggu sarannya y mas...
    email : guspriyanto24@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, pertama saya gak percaya mungkin kebetulan tapi pas saya coba lagi dapat lagi burung punai jarak kurang lebih 100 m.unit pcp mouser lokal

      Hapus
  2. Saya rasa tdk bisa om jangkauannya lumayan jauh,jika kita katakan senapan import bisa menjangkaunya itu juga belum tentu bisa dn pilih pilih lh senapan yg bisa menjangkau di jarak 100 lebih tersebut mungkin bisa dihitung dgn jari

    BalasHapus
  3. Senapan lokal punya saya bukan senapa PCP tapi senapan pompa (Uklik) tapi Alhamdulilah, jarak 75-80 meter masih bisa tembak daun Durian pas di tengah (anggap daun tsb sama ukurannya dengan ukuran burung kutilang) saya rasa soal keakuratan dan daya jangkau terletak pada berpa besar tenaga yg di keluarkan dan berpa banyak ulir yg ada di laras.. Tentunya letak/posisi dan kondisi angin..senapan angin saya merk GNF (Goppul Nigt Furry) lokal dan Asli indonesia...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sedikit ulasan gopul.... Saya pengalaman pake gopul 2 bln sblm ada yang beli karna ketertarikan pwer sama akurasi.... Burung bangau pemakan udang di tambak udang Batam di minta sama tuan nya di kurangi karna mengganggu... Jarak kurang lebih 90 m karna itung per panjang nya tambak... Mantap tumbang semua tapi di sandaran karna gopul 10 kali pompa recoil nya lumayan kaget.

      Hapus
    2. Ngukur jarak pake apa om. Range finder? Meteran? Goofle map? Ati pake mata?

      Hapus
  4. Mantap Mantap tu om deni wahyudi pastinya sudah di oprek sedemikian rupa sharp gopulnya,secara teori dn prakteknya sudah pasti senapan om deni mampu menempuh di jarak 75-80
    Pertanyaan saya bagaimana jika dibawa hunting belibis dn bangau???
    Posisi buruan ada dibawah dgn jarak 75-80 meter apakah masih mampu menempuh sasaran dgn konsisten mohon pencerahannya om deni

    BalasHapus
  5. Itu masih standar mas..Ya kalau sasaran Datar masih bisa tembak jarak 65 meter mas dengan pompa 8x ..kalau gak percaya cobain deh yg punya goppul, tapi syarat yg masih sehat ya.. Katanya sih GNF bisa tembus di 1050fps (12x pompa) saya baru 2x pompa senapan sya sebanyak itu.. Gak berani takut jebol..hal hasil Batang pohon rambutan diameter 3 cm jarak 7 meter tembus..

    BalasHapus
  6. Pokoknya Senapan GNF paling kuat Powernya.. Jarak 65meter mendatar dengan pompa 8x masih jitu (target 4x4cm) dan saya pernah coba juga punya kakak saya Inova long Pompa 8x gak pernah kena jarak 65 meter

    BalasHapus
  7. salam kenal semua, saya beni yang punya blog ini. Salam kenal juga buat bung deni wahyudi, senang bisa mampir ke seni

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Maaf bang ben..salam kenal dari saya ne..ya tolong pencerahannya nanti soal pcp bang ben..ini baru kita ambil satu dari mbah ripin borneo tb 360 bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap om ketut erlan aryadi langsung WA aja om seperti biasa saya siap membantu

      Hapus
  10. Jika ingin menambah daya jangkau demi keakuratan tembakan tetaplah membutuhkan skill yg top agar bs mematikan dijarak yg jauh pula.ibarat kita ingin balap motor,tetaplah kita hrs tuner engine agar menghasilkan tenaga&kecepatan yg lebih dr standart pabrikan.namun utk senapan yg masih standart dgn harga murah jgn pernah mengharap kwalitas tembakannya apalagi daya jangkau..
    belilah senapan angin sesuai kantong anda&pelajarilah karakter dr senapan tersebut.
    Seperti halnya panjang atau pendek laras jg menentukan jarak tembakan&keakuratannya.
    Jika ingin membeli senapan super sniper yg bener2 mumpuni utk jarak jauh diatas rata2 dgn tujuan mematikan hewan buruan,anda tetap harus mengeluarkan uang yg besar pula..
    Kata kunci"Ada harga Ada kwalitas"
    Salam Sniper

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang saya maksud dgn Skill yg top adalah kita hrs punya skill yg lebih utk memodifikasi tabung angin seperti melebarkan tampungan angin agar tabung pompa dpt terisi angin bertekanan tinggi.
      Jika angin bs bertekanan secara maximal maka angin bs melontarkan mimis lebih cepat&lebih jauh.namun kokang tetep lebih banyak&pastinya capek..
      Jika ingin memodifikasi plus minusnya hrs tetap diperhatikan.
      jika senapan model pcp ingin dimodif dibagian tabungnya tetep harus memperhatikan kwalitas sil2nya&kwalitas material tabungnya...krn pernah ada kasus tabung senapan pcp meledak&tangan yg menggunakan saat itu putus hancur.
      Jd hati2 dlm memodif senapan.

      Hapus
  11. Saya punya goppul paling akurat 30meter...bohong kalau sampai akurat 65meter

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mereka buasa ngukur pake mata om. Bukan pake range finder atau meteran. Bahkan sekarang harusnya ada alternatif baru. Google map. Apalagi bicara energi kinetik. Makin jauh makin berkurang.

      Hapus
  12. Maaf om mau tanya mdh"n ada yg bs berbagi pengalaman. Senapan yg cocok utk pomula yg tetep sefety dlm hunting. Speknya ug nagus apa ya...mahal tak apa yg penting saya punya. Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg bgus ada ms Ak47 rp15jt+4buah biji peluru....di jamin cick.....tpi klo resmi ama surat2 nya sekitar 20jt....cri aja di websit gudang senjata bnyk kok.....hihi....!

      Hapus
  13. mohon pencerahan nya para mastah. saya baru mau dan lagi bikin senapan pcp, secara punya hobi baru gitu. sy mau tanya bagus mana per misumi biru sama kuning utk jarak tembak antara 30 - 45m, trus sy bingung lihat iklan senapan pcp yg bejibun di toko online, dari mulai od 32, 34, 38 sampai bocap mengklaim semua dpt di isi 3000psi dan titik aman di 2700psi. pdhl jelas secara ukuran od nya berbeda2, pdhl secara logika smakin kecil tabung maka akan semakin sedikit gas yg bisa di tampung tabung tersebut.
    nah menurut para suhu pcp gmn mengenai hal ini, mohon pencerahanya... makasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tekanan dengan volume angin beda mas,,,kalo tabung besar atau kecil kekuatan tekanan bisa sama satuan tekanan bar/ psi tapi banyaknya angin yg dapat di tampung beda beda,,biasanya dalam satuan cc
      Pengaruh besar kecil tabung pada senapan pcp yaitu jumlah shot yg beda,,pd tekanan yg sama kalo tabung yg besar jumlah shot nya lebih banyak,,begitu pula sebaliknya

      Hapus
    2. Tekanan dengan volume angin beda mas,,,kalo tabung besar atau kecil kekuatan tekanan bisa sama satuan tekanan bar/ psi tapi banyaknya angin yg dapat di tampung beda beda,,biasanya dalam satuan cc
      Pengaruh besar kecil tabung pada senapan pcp yaitu jumlah shot yg beda,,pd tekanan yg sama kalo tabung yg besar jumlah shot nya lebih banyak,,begitu pula sebaliknya

      Hapus
  14. Wah kok pada gembar gembor sih.....klo mau jarak jauh dan sasaranya mesti modar .....siapkan duit rp 12500.000.....beli yg merek AK47...sekitar 10jt.....peluru perbiji ukuran 90% rp260.000 surat izin rp1750.000......pertahun jamin mas.......200m gajah aja modar masbroo...tpi sarat pembelian harus pnya kebun sekitar 12hetar.....ah gampang cari aja orng juragan tanah iming2 duit 2jt aja dh keceng banget mau ngurusin nya.......di jamin mas brooo.....gajah aja modar apalagi burung bangau...huuuufffff bakal hncur ....tpi rugi harga mimisnya mahal buanget......enakn bru babi hutan.....hrganya mahal....! Pokonya 15jt.....dh gk repot dngn AK47 di jamin....pipinya bakal kena tabox tuh dngn gagang nya......tpi gk sakit amat kok....!hihi...!Tpi klo pistol hati2 nti knak tangkap loh....klo laras panjang insya aallaah aman.....apa lagi ada surat izin wh bkl plus aman....!hihi....kan katanya ada uang ada kualitas.....udh jgn pda bingung jual aja yg pnya vixion or satria f u nya...hihi....!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cius bos...ente ya yg pnya web gdg snjata?

      Hapus
    2. Mana mau orang ngurusin kita mau beki senapan dgan minta bantuan dia dikasih 2 juta lngsung mau ngebantu kita hahhh kyaknya mas cuma mengampangkan sesuatu. Klou tanah kita gpp tanah orang dikasih duit 2 juta supaya bisa sbgai syarat buat kita beli senapan mana mau lah tuan tanahnya.

      Hapus
  15. SAYA punya pcp benjamin marauder jarak 100 m sepamjang lpang bola, nembak botol mizon. kena terus walopun gak tepat di tengah tengah terus, maklum paktor angin dan getaran tangan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Senapan benjamin yg anda pak3 lokal atau import?

      Hapus
  16. Kmaren aku ama tmn ngetes snapan. Pcp dengan tabung titanium laras baja 60cm" cal.4,5 masih bisa nitik pada jarak 45 mtr dengan target se ukuran peluru 5,5 tapi pas jarak tembak di naikan jadi 55mtr malah gak pernah bisa nitik gan, tapi aku bangga sama produk lokan karna cukup memuaskan

    BalasHapus
  17. Wah sip pada nembak ..ya.... Kalau menurut ane .bisa tuh pcp lokal nembak bangau jarak 100..dan pasti modar tiger ane aja bisa modarin bangau di jarak 80 m 9xpompa...lha apalgi pcp tgl atur tekaanan uji akurasi mimis..yg cocok ama laras... atur telescope..selasai jeder tewas tu bangau.........

    BalasHapus
  18. Wah sip pada nembak ..ya.... Kalau menurut ane .bisa tuh pcp lokal nembak bangau jarak 100..dan pasti modar tiger ane aja bisa modarin bangau di jarak 80 m 9xpompa...lha apalgi pcp tgl atur tekaanan uji akurasi mimis..yg cocok ama laras... atur telescope..selasai jeder tewas tu bangau.........

    BalasHapus
  19. Maaf ya kalau 2 kali posting ane kira yg satu gak masuk ternyata masuk...sekali lagi maaf��

    BalasHapus
  20. Maaf ya kalau 2 kali posting ane kira yg satu gak masuk ternyata masuk...sekali lagi maaf��

    BalasHapus
  21. Salam bediles. Saya puya senpan shrap barata clsaik long dengan teleskop hakko peluru gr 12 nemak belekok jarak 50 mtr cuma butuh 7 kali pompa.

    BalasHapus
  22. Ada yg pernah beli di gudang senjata? Saya mau beli..tp takut ditipu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Super bodoh yg ksh masukan di gudang senjata. Aplg smpe blg pke ijin sekianlah apalah. Urus ktp dn sim aj ga semudah beli kacang. Yg bner adlh msk club dlu...trus perbakin...trus urus dlu ijin pemakaian senpi sbg apa peruntukannya. Klo lolos bru beli senjata...

      Hapus
    2. Sip..... ini baru info yang bene

      Hapus
  23. Om bagi informasinya donk kalau jarak 30m kira kira butuh berapa tekanan psi, dan satu kali pompa itu berpa psi om mohon informasinya om

    BalasHapus
  24. coba pake tele yg pembesarannya cukup besar > 3-9x40, misalnya 6-24x50, mungkin target bisa terlihat lebih jelas ? :)

    BalasHapus
  25. yakin dengan jarak yg ditulis ? atau hanya perkiraan saja ? apa udah diukur secara manual / digital ? klo saya pake alat pengukur jarak digital namanya Golf Range Finder, jadi bisa lebih yakin (minimal mendekati) daripada hanya kira2

    klo saya sih belum mampu beli PCP, lagipula ngeri juga dengan harga & resikonya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bang gimna caranya menggunakan golf rangefinder,saya beli kok jdi bingung makeknya,mohon pencerahannya..

      Hapus
  26. masalah akurasi untuk pcp lokal juga termasuk akurat... cuma sayang kurang konsisten..terutama untuk jarak 40 meter lebih..1x 2x nitik.. yg ke 3 sampai ke 5 melenceng jauh.. 6 nitik selanjutnya melenceng ..begitu dst...kemudian masalah kwalitas bahan mudah aus.. sekalipun dirawat... terutama bila digunakan hunting rutin seperti ane...

    BalasHapus
  27. masalah akurasi untuk pcp lokal juga termasuk akurat... cuma sayang kurang konsisten..terutama untuk jarak 40 meter lebih..1x 2x nitik.. yg ke 3 sampai ke 5 melenceng jauh.. 6 nitik selanjutnya melenceng ..begitu dst...kemudian masalah kwalitas bahan mudah aus.. sekalipun dirawat... terutama bila digunakan hunting rutin seperti ane...

    BalasHapus
  28. mantap ... sekali postingan nya mas tetap berjaya senapan lokal

    BalasHapus
  29. Salam cetar agan2 para suhu hehe, sy masih newbie nih tentang senapan angin tp alhamdulilah setelah mempelajarinya banyak baca2 system kerjanya sy kemarin merakit sendiri senapannya alhamdulilah target plat seng tebal 5mm diameter 20cm dgn jarak 67m msh kena tp tidak tembus hanya meninggalkan bekas penyok (hampir tembus) akurasi 99,99% jossss lumayan buat nembakin tikus sm luwak.

    BalasHapus
  30. Terus pahami bedil. Anda dan terus berlatih. Biar kita bisa melumpuhkan target dengan sekali tembak.. Senapan saya sharp innova impor gen 2 buat nembak bangau jarak 70 m peluru 0.83 gr.. Kalo pas kena leher ke atas lgs mati tuh.. Akurasi stabil. Jarak 40 m, bsa air spoorters import springs juga akurasinya oke... Pcp bocap merauder powernya oke per krem misumi memang. Akurasinya nggak stabil jarak jauh tapi dengan rajin. Berlatih bisa mudah lumpuhkan target burung, bajing sdr Di jarak 80 m lebih dg pelurun12 gr.. Intinya terus berlatih.. Salam. Tembak..

    BalasHapus
  31. Panjang laras 55 cm bisa akurat gk di jarak 50 mtr

    BalasHapus
  32. Saya punya senapan bocap air arms. Nembak babi jarak 50m pada kepalanya babinya nyantai aja. Dimana silapnya ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silapnya di babinya mas...
      Batok kepalanya mungkin terlalu tebal, makanya nyantai aja.

      Hapus
  33. Saya punya senapan ungklik merek sharp river nembak burung antara jarak 20-25m burung masih bisa ditembus mimis.. Pertanyaan nya pada jarak 30-40m dengan fps yg sama burung punai aja cuman geleng" kepalah tertembak kepalanya? Apakah jarak 40m mimis sangat lemah. Dan butuh tekanan anggin berapakan untuk menjatuh kan dengan jarak 40m?

    BalasHapus
  34. Pap standart lokal itu cuma grouping coin 500 dijarak 40m.

    BalasHapus