Sabtu, 07 Desember 2013

Berburu Tupai VI: Shooting Moment

Saat menembak tupai seringkali kita mengalami keraguan. Shoot sekarang, atau nanti. Saat kita memilih sekarang, tupai bergerak, mimispun meleset. Saat kita menunda untuk shoot, tupai keburu lari, bersembunyi atau lari menjauh lalu  hilang dari pandangan mata. Padahal keraguan pada saat menekan triger perlu dihindari pada saat berburu. Lebih baik yakin dan meleset daripada meleset karena ragu. Hehee, bingung kan?

Dengan kharakter tupai yang sangat lincah, maka kita dapat menembak hewan berbuntut panjang tersebut pada saat ia diam. Walaupun tupai adalah hewan pelari cepat, namun tupai bukanlah pelari marathon. Karena setelah berlari dengan cepat, biasanya ia akan berhenti sejenak lalu dilanjutkan dengan berlari lebih pelan atau merayap. Dengan demikian shoot moment terbaik dapat dibagi menjadi dua, pada saat ia diam atau menunggu di sebuah titik yang akan dilewati oleh sang tupai lalu melepaskan tembakan pada saat target berada pada posisi yang pas dalam croshhair teleskop senapan kita. Tak ada yang terbaik dari kedua cara tersebut. Semua tergantung pada kondisi dan situasi.

Lalu adakalanya sasaran yang telah tertembak tak kunjung jatuh karena sangkut di pelepah pohon kelapa. Hal ini juga sangat berkaitan dengan shoot moment. Sebelum kita melepaskan tembakan perhatikan posisi target. Dan perhitungkan dimana target akan jatuh jika ia terkena mimis senapan kita.

Jangan sampai ia tertembak lalu jatuh di pelepah pohon kelapa, sehingga kitapun gagal memungutnya. Atau sebenarnya tertembak namun hanya terluka dan tersangkut di pohon kelapa, hal tersebut akan membuat sang tupai menderita karena terluka. Ingatlah kita itu pemburu, bukan pembunuh! Demikian tips berburu tupai kali ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar