Selasa, 28 Januari 2014

Power dan akurasi senapan PCP


Oleh: Bungben


Ternyata ada hubungan yang erat antara power dan akurasi senapan PCP. Dimana power yang dihasilkan oleh pelepasan angin akibat pukulan hammer dalam boks senapan tidak bersifat linier, maksudnya akurasi tidak semakin bertambah dengan bertambahnya power atau pelepasan angin pada senapan. Misalnya apabila satu kali tembakan power angin yang dilepaskan 50 psi lalu jatuhnya peluru melenceng, maka menaikan power menjadi 60 psi dengan mengencangkan per hammer tidak menjamin peningkatan akurasi tembakan. 
Hubungan keduanya lebih bersifat adjustable yang unik. Dimana antara satu senapan dengan senapan lain memiliki karakter yang berbeda, sehingga perlu di adjuast (disesuaikan). Misalnya sebuah senapan A yang menggunakan jenis peluru yang sama dapat akurat secara konsisten pada tingkat pelepasan angin 50psi sekali tembakan, maka bisa jadi senapan B dapat akurat secara konsisten pada tingkat pelepasan angin 40 psi per sekali tembakan. Oleh karena itu setiap senapan perlu dipelajari kharakternya dengan melakukan tes akurasi.
Namun, tentu saja hipotesis ini hanya untuk senapan PCP lokal saja. Untuk senapan PCP import saya tak tahu, karena saya tak pernah memegang senapan angin impor buat para londo yang selangit harganya itu. 
Dugaan teraebut adalah hasil kesimpulan diakusi saya dengan TokQois ahli otakatik senapan PCP asli budak Pontianak yang juga pemilik toko senapan RedDot yang berlokasi di Jl. Suwignyo.
Berdasarkan pengalaman TokQois yang telah menyetting ratusan pucuk senapan itu, setiap senapan PCP memiliki settingan power yang berbeda untuk mencapai akurasi yang konsisten. Ia juga mengatakan bahwa setiap senapan juga memilikin karakter penurunan akurasi yang berbeda saat terjadi penurunan volume gas di tabung senapan. Namun, adapula senapan pcp lokal yang memiliki akurasi yang konsisten walaupun terjadi penurunan volume gas ditabung. Hal ini bisa terjadi karena secara teoritis pelepasan volume angin bertekanan itu diatur oleh per pemukul. Makin kencang pernya, makin kuat tendangan hammer dan makin besar angin yang masuk dan dilepaskan. Namun, ia juga sering menemukan senapan pcp yang memiliki karakter yang berbeda yaitu terjadinya penurunan akurasi seiring dengan berkurangnya tekanan angin yang tersisa di tabung senapan. Walaupun hal ini baru bersifat dugaan yang memerlukan banyak percobaan dan pembuktian, namun dugaan ini dapat membesarkan semangat kita yang mencintai produk anak bangsa sendiri. Hikmahnya adalah jangan buru-buru mengganti, menjual, atau mencemooh senapan pcp lokal kita yang mengalami masalah pada akurasi. Karena bisa jadi penyebabnya bukan pada kualitas onderdil senapan pcp lokal, akan tetapi dapat pula disebabkan oleh settingan pelepasan angin yang belum disesuaikan.

Senapan Baru Siap Hunting, hanya satu pucuk, Buruan!


HOMEMADE MURAH!

KUMPULAN TULISAN TIPS BERBURU BELIBIS

 

LAGI NYARI LARAS YANG AKURAT? KLIK DISINI


BELI SENAPAN PCP MODIF:
Tok Qois 0812 5715 411
BanRipin:  0896 9016 5568

 

2 komentar:

  1. Sedia senapan angin sharp gejluk pcp
    Wa telp sms 081333981718
    Db0658ef

    BalasHapus
  2. Pcp mouser od 28 gmna caranya om pngn ngeluarin mimis diatas 40 pcs?trimakasi om sblumnya

    BalasHapus