Sabtu, 05 April 2014

Zooming Teleskop dan Akurasi Senapan

Jika kita telah meyakini laras senapan, settingan power, zeroing teleskop dan mimis yang digunakan dalam kondisi yang ideal, namun akurasi senapan kita sering acak/ tidak akurat, jangan putus asa dulu. Periksalah zoom senapan kita. Ternyata zooming teleskop sangat mempengaruhi konsistensi jatuhnya pelet. Demikian pendapat dari bang Agus dan Bang Ripin, penembak senior di Kota Pontianak.

Bang Agus yang juga seorang Anggita Polisi aktif ini menjelaskan bahwa semakin besar zoom yang kita gunakan semakin besar kemungkinan mimis lari dari titik target. Karena menurutnya sedikit saja senapan yang kita pegang bergoyang yang berakibat kepada pergeseran crosshair, maka akan mengakibatkan pergeseran yang sangat besar pada jatuhnya mimis. Ia menggambarkan apabila kita menggunakan zooming 6 dan saat kita membidik rerjadi pergeseran crosshair sebesar 1mm  maka nyasarnya peluru maksimal sebesar tutup botol aqua. Sedangkan jika kita menggunakan Zoomin hingga 12X, lalu terjadi perfeseran 1mm saat kita membidik, maka larinya peluru menjadi lingkaran dengan diameter satu kilan. Untuk itu ia menyarankan untuk melakukan zeroing pada zoom 6. Kecuali jika teleskop dilengkapi dengan paralax.

Penjelasan tersebut dibenarkan ileh bang Ripin, pemilik toko senapan RedDot yang terletak di jalan Soewignyo (samping bengkel united oil) Pontianak. Ia justru menyarakan menggunakan zoom maksimal 5 saja.

Sebelhm turun berburu tadi pagi, Bang Ripin membantu saya melakukam zeroing dengan zoom teleskop 5 X. Hasilnya sangat memuaskan 5 x shoot hanya satu hama tupai yang gagal saya jatuhkan.

Wah baru tau rahasianya...makanya buat kawan-kawan pecinta air rifle di Pontianak dan di Kalbar, silekan ke RedDot untuk berbagi ilmu tentang segala hal yang berkaitan dengan senapan angin dan hobbi berburu. Banyak penembak senior yang ngumpul dan ngopi disitu, khususnya pada malam hari yang tak pelit untuk berbagi ilmu.

2 komentar:

  1. waduh kalo gitu saat zoom besar otomatis akurasinya juga berbeda dengan yg zoom kecil ?

    berarti kudu di rubah settingannya dong ? thx

    BalasHapus
  2. Kalau pakai zoom 4x mana lebih enak di bandingkan dengan yang 3x

    BalasHapus