Rabu, 18 Desember 2013

Keunggulan Singleshoot

Oleh: Bungben 

Kemarin pada saat berburu saya mencoba menggunakan sistem pengisian mimis dengan mekanisme loading manual. Magazine pcp air arm saya yang berisi 9 butir peluru tetap saya bawa namun sama sekali tidak saya gunakan.
Ternyata ada keasyikan tersendiri berburu menggunakan sistem loading manual. Selain dapat dengan cepat mengganti jenis mimis pada saat akan membidik, penggunaan loading manual memberikan dampak psikologis khusus yang memaksa kita agar semakin cermat dalam membidik target.
Kecermatan akan semakin meningkat karena jika sampai target lolos akan banyak waktu terbuang untuk memasukan mimis kembali. Dengan demikian sikap gopoh, terburu-buru, dan gugup akan bisa diminimalisir. Jika telah terbiasa menggunakan sistem singleshoot, kemungkinan akan terbentuk keyakinan dibawah sadar kita untuk menerapkan prinsip one shoot one kill. Inilah yang mungkin dijadikan alasan para penembak senior lebih memilih sistim singleshoot dibandingkan multishoot/ magazine pada saat berburu.
Kemudahan dan kecepatan pengisian mimis ke lubang laras pada senapan pcp yang dilengkapi oleh magazine seringkali membuat kita tidak cermat dalam membidik sasaran.
Belum lagi jika sistem perputaran magazine yang sering macet akibat pembuatan magazine yang kurang presisif pada senapan pcp lokal. Ada perasaan mangkel karena mimis tak bisa masuk ke lubang laras, ada perasaan tertekan karena takut kehilangan momentum bidik. Serta akan muncul rasa ragu apakah mimis yang masuk pada lubang laras masih normal atau mengalami kerusakan, sehingga akan mengganggu akurasi tembakan, karena tekanan kokang yang dipaksakan.
Kelebihan lain jika menggunakan mekanisme singleshoot adalah kita dapat memilih jenis mimis yang akan digunakan. Hal ini sulit dilakukan jika kita menggunakan magazin. Bahkan kita bisa membawa lebih dari 2 jenis peluru dan menggunakannya berdasarkan sikon yang ada.
Jika Anda telah terbiasa menggunakan magazine, sekali-kali bolehlah mencoba berburu menggunakan loading peluru manual/ singleshoot. Terlebih bagi
Anda yang sering mengalami situasi one magazine one kill seperti yang sering saya alami juga hehee.

2 komentar:

  1. Bg.. kite mau gabung.. liat syarat2 ny dmn..?

    BalasHapus
  2. Silahkan datang langsung ke reddot juga boleh om jaka rio permadi

    BalasHapus