Selasa, 06 Mei 2014

Berburu Belibis II: Kharakter Buruan

Burung Belibis adalah burung yang hidup di areal berair. Habitat aslinya adalah di rawa-rawa. Namun, hewan yang dagingnya lezat ini juga dapat ditemukan di areal persawahan serta areal tambak. 
Di Kalimantan, burung belibis dapat kita temui di areal pertambakan. Areal pertambakan yang berada di tepian laut adalah areal yang paling disenangi. Areal pertambakan juga haruslah luas. Jangan harap burung belibis akan mampir diareal tambak yang hanya beberapa hektar saja.

Saya mencoba untuk merekam kharakter burung belibis pada saat hunting bareng burung belibis bersama rekan-rekan RBH (Reddot Bikers Hunter). Berdasarkan pengamatan saya burung ini memiliki beberapa kharakter sbb:
1. Hidup Berkelompok. Setiap kelompok ada pemimpinnya. Satu kelompok memilinh anggota antara 10 - 20 ekor. setiap kelompok dapat saja bergabung dengan kelompok lain dengan jumlah yang sangat besar bisa 100 - 150 ekor. Dengan jumlah yang besar tersebut mereka membentuk berbagai formasi terbang yang unik. Namun, formasi tersebut selalu berbentul lancip di depan. Kemungkinan burung terdepan adalah korlapnya, atau pemandu atau bisa juga pemimpinnya. Kelompok yang sangat besar itu dapat berpisah diangkasa lalu mendarat de areal yang berjauhan dengan jumlah antara 10 -20 ekor.

2. Hidup berpasangan. Saya tidak tahu apakah belibis menganut paham monogami atau poligami. Tapi burung ini selalu berjalan berpasangan. 

3. Memiliki sensitivitas sangat tinggi. Berdasarkan pengamatan kemarin, sepertinya burung belibis dapat memandang hingga jarak ratusan meter di siang hari. Sehingga jangan harap kita dapat mendekatinya tanpa jurus mengendap untuk mendapatkan jarak tembak efektif.

4. Makan lumut dan kerang. Burung ini sangat gemar makan lumut, cacing dan kerang kecil.

5. Waktu aktif. Burung ini mulai aktif ketika matahari sudah terlihat di ufuk timur. sekitar pukul 5.30, biasanya belibis sudah mendarat dan bermain di areal tambak/ perairan rawa. Sekitar pukul 7-11 burung belibis akan wira-wiri terbang diangkasa. Pukul 11.00 - 14.00 burung ini mulai tidak aktif, biasanya mereka tidak terlalu aktif terbang lagi. Mereka hinggap diareal perairan yang lebih teduh. Sekitar pukul 15 - 17.30 burung ini aktif berseliweran lagi.

6. Besar burung. Burung belibis dewasa memiliki berat sekitar 500 - 700 gram. Saya tidak pernah menimbangnya. Namun saat menyiangi 2 ekor belibis, burung yang telah bersih itu memenuhi wadah baskom yang saya siapkan.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar