Selasa, 06 Mei 2014

Berburu Belibis VI: Perlengkapan Berburu

Areal berburu yang luas dan teknik mendekati sasaran yang ekstrem memerlukan perlakuan khusus dalam mempersiapkan perlengkapan berburu. Perlengkapan berburu harus diusahakan seringkas dan seminimalis mungkin agar mudah bergerak. Berikut beberapa tips perlengkapan berburu belibis ala RBH.

1. Baju. Usahakan menggunakan baju dengan warna senada dengan areal berburu atau senada dengan warna tetumbuhan tempat kita menyelinap. Kaos lengan panjang akan lebih baik karena akan melindungi tubuh dari sengatan sinar matahari. Celana sebaiknya celana panjang untuk melindungi kulit dari tumbuhan berduri yang banyak tumbuh ditepian rawa serta melindungi kulik lutut saat merayap. Topi dan sarung tangan akan sangat membantu. Ikat pinggang besar untuk menggantungkan air minum 500cc dan pisau kecil untuk menyembelih dapat dibawa. Hindarkan membawa pisau yang panjang selain tak ada gunanya, pisau yang panjang akan menghambat kelincahan gerak.

2. Perlengkapan pendukung senapan. Untuk melindungi senapan dari goresan saat merayap ada baiknya senapan ditempel kain camo. Membawa tabung pengisian gas mutlak diperlukan untuk menjaga tekanan gas agar optimal. Teleskop sebaiknya gunakan yang agak besar, minimal 32 mm dengan pembesaran minimal 4 x. Tempat mimis dan gantungan hewan buruan juga wajib dibawa. Dan terakhir minyak laras dan kain lap halus juga sangat penting agar senapan dapat langsung dibersihkan dari air dan lumpur seusai berburu.

3. Sepatu. Sepatu bot plastik setinggi betis adalah sepatu standar para pemburu di pontianak. Namun, untuk berburu belibis sepatu tinggi ini tidak disarankan karena akan menyulitkan bergerak diareal tambak yang seringkali tergenang air setinggi lutut. Sepatu bot plastik akan terisi air bercampur lumpur yang menghambat gerakan kita. Sepatu yang disarankan adalah sepatu karet yang biasa dipake oleh nelayan atau buruh bangunan pengaduk semen. Sangat disarankan yang bertali sehingga tak mudah lepas saat kaki kita terbenam ke salam lumpur yang pekat dan lengket.

Perlengkapan lain yang perlu juga diperhatikan adalah minyak gosok untuk mengobati gigitan serangga rawa yang ganas. Serta kantong plastik untuk melindungi rokok, korek api, atau hp dari air.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar